Selasa, 26 Juni 2012

Fungsi Neural dan Hemal Spine


1.      Fungsi Neural dan Hemal Spine
1.1.Fungsi Neural/Neuron
Neuron berdasarkan funsinya dibagi menjadi tiga bagian. Bagian-bagian tersebut adalah neuron sensorik, neuron motorik, dan neuron penghubung. Neuron sensorik bertugas untuk menghantar impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat, yaitu otak (ensefalon) dan sumsum belakang (medula spinalis). Ujung akson dari saraf sensorik berhubungan dengan saraf asosiasi (intermediet). Neuron motorik bertugas untuk mengirim impuls dari sistem saraf pusat ke otot atau kelenjar yang hasilnya berupa tanggapan tubuh terhadap rangsangan. Badan sel saraf motorik berada di sistem saraf pusat. Dendritnya sangat pendek berhubungan dengan akson saraf asosiasi, sedangkan aksonnya dapat sangat panjang. Neuron penghubung disebut juga sel saraf intermediet atau konektor. Sel ini dapat ditemukan di dalam sistem saraf pusat dan berfungsi menghubungkan sel saraf motorik dengan sel saraf sensorik atau berhubungan dengan sel saraf lainnya yang ada di dalam sistem saraf pusat. Sel saraf penghubung menerima impuls dari reseptor sensorik atau sel saraf asosiasi lainnya (Anonim, 2008).

1.2.Fungsi Hemal Spine
            Neural spine adalah unit fungsional system saraf yang dikhususkan untuk menghantarkan dan mengirimkan sinyal dalam tubuh dari satu lokasi kelokasiyang lain. Meskipun terdapat banyak jenis neuron yang berbeda dalm hal strukturdan fungsinya. Ciri neuron yaitu mempunyai badan sel (cell body) yang relatif besar yang mengandung nucleus dan berbagai ragam organel selula  lainnya. Ciri neuron yang paling menonjol ialah penjuluran yang mirip serat  yang disebut prosesus, sehingga mampu mencapai jarak yang jauhuntuk menghantarkan pesan. Terdapat dua jenis penjuluran neuron yang umum yaitu dendrite dan akson.


2. Gambar dan Jenis Ikan
2.1. Debeerius ellefseni atau ikan euchondrocephalan paling erat kaitannya dengan Heteropetalus elegantulus, tetapi jauh lebih besar.
2.2. Echinochmaera meltoni atau holocephalan terkait erat baik dengan chimaeroids modern dan kontemporer dengan cochliodonts (shell bergigi ikan )

2.3. Falcatus falcatus atau sebuah genus punah Falcatidae yang hidup pada Periode Karbon awal di Bear Gulch teluk dan apa yang sekarang Missouri.
2.4. Heteropetalus elegantulus atau euchondrocephalan sedikit elegan ramping dengan banyak bentuk gigi yang berbeda di sepanjang rahangnya.

2.5. Harpacanthus fimbriatus atau awalnya bernama berdasarkan satu duri dari Skotlandia 

2.6. Harpagofututor volsellorhinus atau sebuah genus punah ikan bertulang rawan dari Mississippian Amerika Utara.

2.7. Stechacanthus altonensis atau sekelompok besar elasmobranchi yang hidup predator yang hidup dari Devon Atas ke Pennsylvania, dan dikenal sebagai fosil dari Montana ke Moskow, Rusia. S. altonensis berkisar sampai 5 meter panjangnya.

2.8. Traquairius spinosus atau holocephalan cochliodont; salah satu dari banyak dari Bear Gulch Bay, dan berkaitan erat tidak hanya untuk Echinochimaera tapi ke "ratfish" dan chimaeroids modern lainnya. Ini berkisar sekitar 1 kaki panjang






2.9. Damocles serratus atau hiu stethacanthid
2.10. Modern shark atau  Hiu Hantu
2.11. Modern chimaeroid atau Ikan Ratfish

3. Axial, Pelvic Girdle, Rangka Visceral, Rangka Appendicular, Denticle, Bone
3.1.  AXIAL( sumbu rangka)
Terdapat dua kombinasi yang diketahui sepanjang sumbu tubuh vertebrata yaitu notochord dan columna vertebralis, sisi bagian luar rangka tempat melekatnya beberapa otot berfungsi untuk membantu membentuk tubuh dan menyokong berat tubuh.
3.2. Pelvic Girdle
Tempat tumpuan extremitas anterior berupa cingulum cranialis (pectoral girdle) yang berbentuk seperti rangka yang melingkari alat-alat dalam thorax. Cingulum cranialis ini melekat pada vertebrae dengan otot daging.
3.3. Rangka Visceral
Rangka visceral terdiri dari struktur tulang yang menyokong ingsan dan mengelilingi pharynx.Tulang ini terdiri atas tujuh tulang lengkung ingsan.Dua lengkung ingsan yang pertama menjadi bagian dari tulang- tulang tengkorak sedangkan lima lainya berfungsi sebagai penyokong ingsan.
3.4. Rangka Appendicular
Rangka appendicular adalah tulang-tulang penyokong sirip dan melekatnya.Pada ikan terdapat lima macam sirip yaitu sirip tunggal(punggung,ekor,dan dubur) dan sirip berpasangan (sirip perut dan dada)
3.5. Denticle
Denticle adalah bagian kulit luar yang berfungsi melindungi kulit mereka dari kerusakan akibat parasit yang menempel pada kulit ikan.
3.6. Bone
Bone, yaitu suatu kulit yang berstruktur keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar